Minggu, 03 Januari 2010

Bugar Melalui Pola Makan Sehat

Bugar Melalui Pola Makan Sehat

Astaga!HidupGaya - Selain dengan berolahraga, ternyata menjaga kebugaran tubuh juga harus menjaga pola makan. Lalu seperti apa pola makan sehat yang dianjurkan oleh para pakar gizi dan kesehatan? Yuk ikuti tips berikut...
perlu diingat kebutuhan kalori rata-rata untuk pria adalah 2.100 - 2.300 kalori. Sedangkan untuk perempuan rata-rata 1.700 - 1.900 kalori. Kebutuhan kalori ini juga bergantung pada aktivitas serta berat badan seseorang.
Berikut beberapa saran pakar gizi dan kesehatan untuk menjaga stamina tubuh:

1. Mengkonsumsi makanan seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

2. Jangan lupa sarapan. Sarapan sangat penting untuk mendapat energi guna melakukan aktivitas pada pagi hari.

3. Minum susu atau jus buah. Jus mengandung glukosa buah yang mudah diserap tubuh dan bisa digunakan sebagai energi.

4. Jangan remehkan kudapan. Sebaiknya pilih kudapan yang tidak berkalori tinggi, misalnya buah-buahan dan biskuit berbahan gandum.

5. Minum air putih delapan gelas sehari. Air putih sangat membantu tubuh dalam melakukan proses metabolisme.

6. Jadwalkan waktu minum Anda. Caranya dengan menyediakan beberapa botol air mineral di meja kerja. Jika botol-botol itu masih penuh air pertanda bahwa Anda belum minum.
7. Jangan terlalu banyak minum kopi. Kelebihan kopi akan membuat stamina tubuh berkurang. Anda menjadi cepat gelisah, pusing dan lemas.

8. Hindari minuman manis, kecuali kalau Anda mengalami hipoglikemi. Saat Anda minum manis, insulin langsung akan dikeluarkan tubuh untuk memasukkan gula ke dalam sel. Bila ini terjadi, Anda akan menjadi lebih cepat lapar. Kalau makanan Anda sudah bagus, maka tidak perlu mengkonsumsi minuman manis.

9. Hindari makanan asin. Selain membuat tenggorokan tidak enak. Juga bisa menyebabkan dehidrasi.

10. Variasikan makanan Anda.

11. Bila ingin menkonsumsi suplemen vitamin, sebaiknya pilih multivitamin yang sesuai dengan anjuran RDA (recommended daily allowance) dan bukan megadosis. Vitamin yang paling berhubungan dengan stamina adalah vitamin B komplek dan C. Jadi kalau beban pekerjaan sedang menumpuk, menambahkan kedua suplemen vitamin tersebut bisa bermanfaat.

12. Mulailah berolahraga. Paduan antara makanan yang baik dengan olahraga yang cukup akan memberikan stamina lebih pada aktivitas Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar