Minggu, 02 Mei 2010

Tiga Bank Gagal Lagi Di AS

Tiga Bank Gagal Lagi Di AS

WASHINGTON - Regulator perbankan Amerika Serikat, kembali mengambil alih tiga bank dan menjual deposito ketiga bank tersebut kepada bank lain. Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) mengeluarkan biaya sebesar USD5,3 miliar untuk proses tersebut.

Dana yang dikeluarkan oleh FDIC tersebut merupakan salah satu yang terbesar dari krisis perbankan di AS. Ketiga bank tersebut berasal dari pulau Puerto Rico, antara lain EuroBancshares Inc, R & G Corp Financial Corp, dan W Holding Co Inc.

Dengan mengambil alih dan dan menjual deposito tiga bank tersebut kepada bank yang lebih besar, FDIC berhasil pihaknya menghemat hingg USD3,5 miliar atas biaya langsung likuidasi. Juru bicara badan FDIC mengatakan menerima 18 tawaran dari lima penawar.

Dengan adanya tiga bank gagal di Puerto Rico tersebut, maka total bank gagal hingga saat ini menjadi 64 bank. Termasuk CF Bancorp Port Huron, Champion Bank Creve Coeur, SM Bank Nasional dan Bank Frontier Everett.

Skandal akuntansi bank tersebut berawal dari tahun 2005, sehingga sulit bagi FDIC untuk mencari pembeli lokal cukup yang mau membayar untuk aset, karena calon pembeli uumnya menginginkan kejelasan mengenai aset tersebut. Tapi dengan angka pengangguran 16 persen di Puerto Rico, tidak ada yang mau membeli bank tersebut.

Tiga bank tersebut ditutup karena mengalami mengalami jenuh atas kredit konstruksi, serta kredit macet lainnya yang merupakan dampak dari booming-nya perumahan di bagian tengah pulau tersebut.

Dengan mengambil alih tiga bank tersebut, FDIC menguasai sekitar 20 persen dari industri perbankan di pulau Puerto Rico tersebut, atau setara dengan sekitar seperempat dari deposito.

Pemerintah daerah mengatakan penerimaan pajak sangat kurang di sana, juga masih banyak bank masih bergulat dengan aset yang buruk, maka kredit menjadi sangat ketat di pulau tersebut.

Sumber : www.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar