Senin, 02 November 2009

Manajemen Kabel Solusi Tepat Instalasi Listrik

Management KABEL Solusi Tepat Instalasi Listrik
Dibutuhkan peralatan tambahan untuk menjamin listrik agar aman saat dipergunakan. penambahan instalasi listrik pada rumah
dan kantor lama, tidak harus membongkar dinding, plafon, atau lantai. kita bisa menggunakan beberapa komponen listrik yang dapat membantu memanagement kabel. " Instalasi listrik pada kantor biasanya lebih rumit, kabel-kabel bisa dijumpai di setiap sudut ruang. untuk membenahi dengan cara convensional, seperti menanam kabel pada dinding, membutuhkan waktu lama dan kehati-hatian. jika salah, kabel sulit dibetulkan," .
Instalasi melalui lantai, pada saat menempati sebuah kantor atau rumah, kita berharap instalasi listrik sudah memadai dan aman digunakan. kelengkapan sumber listrik bisa memenuhi semua kebutuhan. jika ternyata tidak, kita dapat menambahkan instalasi kabel melalui lantai tambahan. disebut lantai tambahan karena menambahkan lantai berbahan MDF dalam ruangan. di bawah lantai terdapat jalur penempatan kabel, sehingga kabel bisa tersusun dengan rapi, baik itu kabel telepon, internet, antena teve, maupun listrik. "umumnya penambahan instalasi terjadi pada kantor dan rumah lama dengan kondisi kabel yang sudah usang. bahkan seringkali instalasi listrik tidak terpasang dengan baik. salah satu solusi untuk mengatasinya dengan menambah lantai khusus. lantai ini disusun seperti menyusun lantai parket. penambahan lantai untuk menempatkan kabel pada jalurnya. jalur-jalur tersebut berada dibawah dan bisa disusun rapi tanpa terlihat dari permukaan. pemisahan kabel juga bertujuan untuk mencegah terjadi arus pendek dan pemisahan antara kabel power (listrik) dengan kabel lainnya (telepon, data, dan lain-lain).
Instalasi melalui dinding, cara lain untuk menanagemen kabel agar aman dan tidak terekspos bisa melalui dinding. dinding sama sekali tidak dibongkar atau dibobok untuk menanam kabel, melainkan menambah profil khusus (sistem trunking) yang ditempel pada dinding. "sistem trunking diaplikasikan pada dinding untuk mendistribusikan arus listrik sedekat mungkin. di dalam trunking terdapat jalur khusus untuk kabel, sehingga antar kabel terpisah dan menghindari gangguan elektromagnetik yang bisa terjadi, sistem ini memiliki beberapa tipe, tergantung pada kebutuhan dan aksesori yang dipakai. bahan yang digunakan berupa plastik DLP dan aluminium DLP. "bahan yang cukup aman untuk instalasi listrik dan benturan dari luar," di sepanjang dinding yang telah terpasang sistem trunking bisa dipasang berbagai kebutuhan instalasi.
Tambahan kolom, khusus kantor dengan area ruang yang luas, dapat memanfaatkan kolom dan mini kolom untuk mendistribusikan listrik. dua komponen ini berupa tiang berbahan PVC yang didalamnya terdapat jalur untuk meletakan kabel listrik. "penggunaan kolom dan mini kolom memungkinkan kita untuk mendistribusikan listrik melalui lantai dan plafon. kabel-kabel listrik lebih tertata, sehingga kabel bisa tersembunyi dan aman. efisiensi gerak dan kenyamanan pun bisa terpenuhi dengan baik.
Aksesori, untuk melengkapi sistem managemen kabel yang baik, kita membutuhkan aksesori tambahan. aksesori ini berupa perlengkapan listrik untuk memudahkan instalasi seperti stop kontak, MCB dan lain-lain. pada sistem trunking memerlukan komponen pelengkap seperti flat junction, angled junction, clip, spacer, dan lainnya, sedangkan sistem melalui lantai komponen yang dibutuhkan antara lain boks lantai, access master box dan stop kontak lantai. semua komponen tersebut dibutuhkan untuk memberi kemudahan dan mendistribusikan listrik, sehingga tercipta kenyamanan dan keamanan yang lebih terjamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar